Terjadi Gempa di Jakarta, Banten dan sekitarnya

Terjadi Gempa di Jakarta, Banten dan sekitarnya

Baca juga info : kursus bahasa inggris


Setya Novanto sempat diungsikan dari KPK

Pusat gempa lepas tengah hari, terletak di Samudera Hindia, sekitar 61 km dari kota Lebak, Banten, dan 43 km dari Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten, di kedalaman 61 km di bawah laut.
Lebih dari seratus bangunan di sekitar Lebak mengalami kerusakan ringan. Sejauh ini tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa. 

Baca juga info : info kursus bahasa inggris

Ketua bidang gempa dan tsunami BMKG Mochamad Riyadi mengatakan bahwa ini merupakan gempa tektonik.
"Namun ini merupakan gempa biasa. Dan gempa ini tak berpotensi tsunami," katanya kepada para wartawan.
Gempa diikuti guncangan susulan sebanyak dua kali, "Namun masyarakat tidak perlu panik, tenang saja."
Beberapa laporan menyebut, terjadi kerusakan di Lebak, yang berdekatan dengan pusat gempa. Rinciannya masih ditelusuri.
Namun laporan-laporan menyebutkan, lebih dari 100 bangunan mengalami kerusakan ringan.
Ubaidillah Mochtar, kepala Museum Multatuli di Rangkasbitung, mengatakan, di Kota Rangkasbitung "gempanya terasa kuat, namun tidak ada kerusakan yang berarti dan tidak ada korban jiwa".
"Ada beberapa gedung yang retak, tapi kecil, hanya retak rambut," katanya kepada BBC Indonesia.

Ketika terjadi gempa, katanya lagi, "orang-orang keluar dari kantor dan rumah. Sempat menimbulkan kepanikan, terutama di beberapa tempat yang gedungnya terdiri dari dua hingga tiga lantai. Ada beberapa barang yang berjatuhan, namun tidak begitu banyak."
"Sebagian orang menuju tanah lapang. Lima menit setelah gempa, orang-orang yang berkumpul di luar kembali beraktivitas seperti semula."Kota Rangkasbitung adalah ibu kota Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang terdekat dengan pusat gempa.
Di Kabupaten Cianjur sebanyak enam pelajar luka berat dan dua pelajar luka ringan akibat tertimba genteng yang runtuh di SMK Tenggeung, Kecamatan Tanggeung, kata Sutopo Purwo Nugroho, kepala Pusat Data Informasi dan Humas, BNPB.
Di Jakarta, kendati terasa getaran kuat, sejauh ini tidak dilaporkan adanya kerusakan serius.


Getaran terasa keras di Jakarta, termasuk di kantor BBC Indonesia di lantai 15 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.
Lantai bergoyang cukup keras, menimbulkan kepanikan. Seluruh wartawan dan karyawan segera dievakuasi melalui tangga darurat.
Begitu pun seluruh karyawan kantor lain di gedung Deutsche Bank ini. Juga para karyawan dan penghuni gedung-gedung tinggi lain di sekitar Jakarta.
Di Gedung KPK, dilaporkan tersangka kasus korupsi e-KTP Setya Novanto pun diungsikan keluar gedung. 


Ini merupakan gempa kedua dalam waktu yang berdekatan.
Desember lalu terjadi gempa berpusat di Sukabumi, Jawa barat, yang getarannya sampai di Jakarta juga. Namun menurut Mochamad Riyadi dari BMKG, itu juga hal yang normal.


"Gempa kecil di Indonesia terjadi 4.500 kali setahun. Sedang yang kekuatannya di atas 5 skala Richter, terjadi 365 kali per tahun, jadi setiap hari terjadi gempa. Ada pun gempa yang merusak, terjadi dua kali setahun," katanya.
Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, kata Riyadi, "dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor."
"Gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," tambahnya. 
Baca juga info : Info kampung inggris pare

Komentar

Postingan Populer